Choose your translate


English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese

Viva la science , Viva la socialita

  Sama seperti surga dan neraka , dunia pendidikan juga menyediakannya . Tak pernah bebas dari yang namanya tempat terakhir bukan ?. Definisi surga , semua orang pasti tau apa sih surga itu ? yakni adalah tempat yang menyenangkan yang di idam-idamkan oleh semua mahluk di dunia ini . Dan apa itu neraka ? tanpa perlu bertanya kepada abdi anda pun pasti sudah mengetahuinya . Bahkan ada yang tak ingin mengetahuinya .

  Tak perduli wanita atau pria , mereka pasti ingin bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi bukan . Tak usah muluk-muluk , kita bahas dulu di jenjang SMA . Saat kamu melihat siswa di sambut oleh beberapa senyum manis gurunya di setiap pagi , apa yang ada di benakmu . Kau pasti berpikir "Oww ini anak mendapatkan perhatian khusus dari guru ini , mungkinkah dia anak IPA ?" itu pemikiran pertamamu . Saat kau memutar kepalamu ke sisi yang lain , kaupun melihat di kejauhan ada siswa yang di pagi harinya mendapatkan hukuman dari guru tatib . Kau bisa buat kesimpulan "Ahh ini pasti anak IPS , dan kau akan menambahi kata iyuhhh"



  Di sini topiknya , Setelah engkau baca 2 paragraf di atas kau pasti berpikir "Kenapa selalu saja ada ketidak adilan di dunia ini ?" . Kaupun langsung mengisi formulir penjurusan IPA guna menghindari kecelakaan minimum . Lantas kau mengotot ingin masuk IPA padahal kemampuanmu masih belum menunjang . Dan sebagian besar hati anda menjelek-jelekan tetanggamu di seberang sana (IPS) . Nah kalau seperti ini anda seperti hidup di Eropa dan mengalami yang namanya Rasisme .

  Definisi sekolah itu apa ? jikalau kau belum mengerti jangan mencoba untuk bersekolah . Banyak orang bilang Sekolah itu adalah tempat untuk menuntut ilmu dan mendapatkan nilai yang bagus . Saya kurang setuju 
terhadap pendapat ini . Jika saya mendapatkan nilai yang bagus saya baru setuju . Kenapa sayang ? Karena Ilmu itu murni , ilmu tak dapat di manipulasi . Beda dengan yang namanya Nilai , Jika ilmu selalu di pandang dan selalu di setujui banyak orang makan yang selalu berbeda dari sudut pandang seseorang adalah nilai . Contoh kecil , Ilmu Sosial . Apa yang di bagikan oleh mentor A dan Mentor B itu berisikan materi yang sama . Namun tiap Mentor selalu memberikan penilaian yang berbeda .

  Akibat adanya perbedaan nilai itu maka di buatlah sistem penjurusan . Sistem yang mengambil data dari setiap indivividu dan menyimpulkan di mana letak potensi mereka . Tak masalah di buat berapa banyak jumlah jurusan itu , yang penting kan selalu ada peminatnya . Yang jadi masalah itu Kastanya . Padahal saya bukan penganut hindu . Saya sering menjumpai adanya diskriminasi bakat dan jalan kehidupan . Umumnya di Jenjang SMA ini memiliki 3 jurusan . IPA , IPS , dan Bahasa . Tergantung peminatnya . Saat anda duduk pertama kelas 10 atau 1 SMA , ada beberapa iblis penghasut yang bernama guru . Meskipun guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa mereka juga bisa menjadi iblis yang menakutkan . Tapi tak semuanyalah yang di panggil iblis =) .

  Iblis sangat gemar sekali menghasut , guru pun juga bisa menghasut . Beberapa guru itu sombong , ada yang ingin di kenal tapi tak ingin mengenali . Saat pertama kali masuk SMA , anda selalu memasang muka polos . Dan ketika waktu berlalu anda akan menjadi yang namanya penguasa .Nah teman-teman pernahkah anda Di intimidasi oleh kata-kata "Anak-anak , cobalah untuk masuk IPA dan jangan masuk IPS . Karena IPS itu sampahnya IPA". Mendengar reaksi ini kita saling celingak-celinguk dan melihat sekitar kita wajah yang bingung dan bergumam "Apakah aku akan menjadi tukang sampah (IPA) atau sampahnya (IPS) . Kurang lebih seperti itulah .

  Darling , kalau kamu orang beragama yang percaya akan tuhanmu sendiri kamu pasti tak akan gentar menghadapi hasutan iblis di atas . Karena kau telah memiliki pedoman . Sebenarnya Masa depanmu itu ada di tangan tuhan yang kemudian di tuliskan di skenario kehidupanmu di alam sana . Seperti kata Bon Jovi yaitu It's my Life . Iki uripku , ini semua kehidupanku . Orang tua dan Guru itu hanya berperan sebagai pembimbing dan penasihat . kurang lebih mereka hanya berperan 15% saja . Sisanya kau tanggung sendiri . Tuhanmu saja tak pernah membedakan ciptaannya . Berarti Ciptaannya juga pamali kan .

  Kesimpulannya hidup ini harus berprinsip , harus berkeyakinan , harus percaya kemampuan sendiri . Tuhan selalu menciptakan mahluknya dengan berbagai macam perbedaan . Tuhan bukan pabrik yang selalu menciptakan produk homogen . Tuhan memiliki maksud lain dalam menciptakan berbagai macam bentuk di dunia ini . Yaitu guna saling menghargai . Di SMA tak ada namanya Sampah , tak ada namanya buangan , semua sama saja . Hargai perbedaan itu , Semua jurusan itu pasti memiliki siswa nakal . Tugas sekolah yaitu bukan memanjakan yang pintar , mencueki yang bodoh . Berikan perlakuan yang sama terhadap semua siswa agar tak terjadi konflik .

  Guru yang baik adalah guru yang mengenal seluruh karakteristik siswanya . Sama seperti siswa , mereka juga harus mengenal karakteristik gurunya agar garis Equilibrium saling bertemu . Duniamu masih luas , buat dirimu senyaman mungkin mengarunginya . IPA atau IPS semua sama saja , Bisa di bilang ini surga . Ilmu semua bertujuan sama , memuliakan siapa saja yang mempelajarinya . Mungkin kau harus memaafkan banyak orang yang telah mencaci maki dalam jalan hidupmu . Kalau tak ada mereka , Hidupmu gak akan asik lagi . Jelaskan pada mereka bahwa jalan yang kau tempuh ini adalah yang terbaik . Suatu saat kalian akan mengerti dengan sendirinya . Tetaplah semangat dalam pilihanmu ini .


Untuk jenjang SMA
IPA , IPS , Bahasa , harus selalu bersatu dan tak saling meremehkan .

Viva to all